Resensi Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini
Penulis
Buku : Dr. Yuliani Nurani
Sujiono, M.Pd
Judul
Buku : Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini
Penerbit :
PT Indeks Permata Puri Media Jl. Topaz Raya C2 No. 16 Kembangan-Jakarta Barat
11610
Tahun
Terbit : 2009
Kota
Terbit : Jakarta Barat
No.
ISBN : (10) 979-062-079-9
(13) 978-979-062-079-7
Jumlah
Halam an :
249 halaman
Isi
Resensi Buku :
Pada
buku yang saya ambil ini terdapat XI Bab yang di dalamnya membahas tentang
konsep dasar dalam pendidikan untuk anak usia dini, berikut penjelasan yang
dapat saya sampaikan secara singkat dalam buku ini, Orang tua dimanapun pasti
menginginkan anaknya merasa senang sepanjang hari dan tidak ada kata bosan
dalam hal belajar, karena orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk
anaknya. Dengan hal ini dapat dilakukan dengan cara membiarkan anak belajar
sambil bermain dengan dampingan orang tua, keluarga lainnya atau guru di
sekolah. Karena bagi seorang anak, bermain merupakan kegiatan yang mereka
lakukan sepanjang hari untuk mendapatkan kesenangan dalam hidup mereka karena,
menurut mereka bermain adalah hidup bagi mereka dan hidup adalah permainan.
Jadi,
dapat disimpulkan bahwa belajar dengan bermain akan membuat anak merasa tidak
bosan ketika ia sedang belajar .Dengan bermain dapat mengubah kekuatan
potensial anak untuk menjadi berbagai kemampuan dan kecakapan pada anak, anak
dapat menemukan sesuatu hal yang baru ketika ia bermain, seperti bermain itu
menjadi sebuah sarana utama untuk belajar anak mengenai hukum alam. Contohnya
seperti tau mengenai hubungan antar manusia dan hubungan antara manusia dan
objek lainnya. Dalam hal ini terdapat periode sensitif untuk belajar pada anak
yang usia lahirnya 0-6 tahun yang pada setiap periodenya ditandai oleh adanya
ketertarikan dan keingintahuan yang kuat dari diri anak terhadap sesuatu yang
terdapat pada lingkungan sekitarnya.
Alasan
saya memilih untuk meresensi buku ini adalah, karena buku ini membahas mengenai
konsep dasar pendidikan untuk anak usia dini yang salah satu isinya adalah
tentang makna belajar melalui bermain bagi anak. dalam pembahasan ini saya
menginginkan dalam kegiatan pembelajaran itu selalu dapat diselingi dengan
bermain, karena dengan begitu anak akan merasa senang dan tidak akan pernah
merasa bosan. Karena sesungguhnya anak yang masih berusia 0-6 tahun adalah anak
yang suka dengan bermain dan permainan. Dengan bermain akan dapat menunjang
perkembangan potensi yang dimiliki oleh anak dalam kegiatan pembelajaran. hal
tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran, yaitu untuk mengembangkan potensi
yang dimiliki pada anak.
Dalam
buku ini juga membahas secara lengkap mengenai periode sensitif untuk belajar,
model pembelajaran anak usia dini, hakikat bermain, tujuan bermain pada anak
usia dini, karakteristik, klasifikasi dan jenis bermain, tahapan dan
perkembangan bermain, bermain berdasarkan kemampuan anak, serta minat bermain
pada anak usia dini. Selain itu, buku ini juga membahas mengenai hakikat,
teori, model pengembangan kurikulum
pendidikan anak usia dini.
Adapun
Kelebihan Buku Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu:
ü Buku
ini dilengkapi dengan sejumlah sumber rujukan lain yang dapat memperkaya
pengkajian terhadap topik yang dibahas serta contoh konkret melalui dokumentasi
foto yang relevan,
ü Buku
ini sangat menarik untuk dibaca,
ü Buku
ini dapat dijadikan untuk referensi guru atau mahasiswa dalam belajar,
ü Buku
ini dalam pembelajaran sambil bermain sangat bermanfaat sebagai salah satu
sumber rujukan yang dapat dipergunakan dalam mengembangkan berbagai model
kurikulum dan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak
usia dini.
Adapun
Kekurangan dari buku ini, yaitu:
ü Bagi
pembaca buku ini sangat memerlukan kecermatan untuk memilah dan memilih bab/topik
yang ingin dicari,
ü Di
dalam buku ini gambarnya kurang menarik karena hanya berwarna hitam putih saja.
No comments:
Post a Comment