Tuesday, November 13, 2018

Resensi Buku Perilaku Anak Prasekolah

Resensi Buku


Penulis Buku               : Dr. Rita Eka Izzaty, M. Si, Psi.
Judul Buku                  : Perilaku Anak Prasekolah
Penerbit                       : PT Alex Media Komputindo
Tahun Terbit                : 2017
Kota Terbit                  : Jakarta
No. ISBN                    : 978-602-04-2061-5
Jumlah Halaman          : 325 halaman
Isi Resensi Buku         :
Pada buku membahas mengenai perilaku anak prasekolah atau perilaku anak pada usia 4-6 tahun. Lembaga pendidikan prasekolah merupakan suatu lembaga pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada anak usia dini sesuai dengan tahap usianya. Dalam usia prasekolah ini biasanya anak mengalami masalah dalam perkembangan yang dilakukannya. Buku ini sangat penting untuk membantu pendidik daalm menghadapi permasalahn yang terjadi pada taman kanak-kanak yang semakin banyak terjadi serta beragam permasalahannya. Buku ini merupakan sebuah panduan dalam mengidentifikasi dan menghadapi masalah perkembangan pada anak usia prasekolah (TK).
Adapun pembagian dalam buku ini adalah keseluruhan buku ini dibagi menjadi dua bagian, bagian yang pertama terdiri dari tiga bab. Tujuan dari bagian pertama adalah untuk menyajikan penjelasan mengenai konsep-konsep perkembangan pada anak usia prasekolah yang dilandaskan berdasarkan teori-teori yang memadukan perkembangan dan pendidikan anak usia dini. Sedangkan bagian yang kedua, memberikan ulasan tentang berbagai permasalahan yang sering timbul dilingkungan TK berserta dengan intervensinya dasar yang dapat dilakukan oleh pendidik di TK.
Bab pertama, membahas mengenai konsep-konsep umum dari perkembangan individu yang meguraikan dasar-dasar pikiran dari para ahli yang berkenaan dengan perkembangan dan pendidikan anak usia dini beserta ddengan faktor-faktor yang memepngaruhi jalannya proses perkembangan. Sedangkan bab kedua, membahas mengenai paparan perkembangan yang spesifik pada anak usia prasekolah seperti uraian perkembangan pada aspek-aspek perkembangan fisik motorik, perkembangan intelektualitas, perkembangan emosi, serta perkembangan sosial dan moral.
Sedangkan pada bab ketiga membahas mengenai permasalahan perkembangan pada anak yaitu tentang langkah-langkah deteksi dini. Sedangkan pada bab keempat membahas mengenai, pengulasan masalah-masalah perkembangan pada anak usia prasekolah secara spesifik. Seperti permasalahan agresivitas, kecemasan, temper tantrum, hiperaktivitas, gangguan pemusatan perhatian, gagap, menarik diri, mengompol dan buang air besar, berbohong, keberbakatan, malnutrisi, menangis yang terus menerus, bergantung, takut dan pemalu. Tiap permasalahan tersebut akan diuraikan dalam satu bab tersendiri.

Kelebihan pada buku perilaku anak prasekolah ini, antara lain:
·         Buku ini dapat dijadikan referensi oleh pendidik atau mahasiswa untuk membantu memcahkan masalah pada anak usia prasekolah,
·         Buku ini mudah dibawa kemana-mana,
·         Dalam penulisan pembahasan di dalam buku ini mudah untuk dipahami,
·         Buku ini sangat lengkap dalam membahas permasalahan apa saja yang terjadi pada anak usia prasekolah.

Kelemahan pada buku perilaku anak prasekolah ini, antara lain:
·         Dalam buku ini tidak adanya gambar yang terlihat didalam sub-sub pembahasan sehingga kurng menarik untuk dibaca,

·         Dalam buku ini pembahsannya hanya kurang terperinci pada setiap sub-sub pembahasannya.

No comments:

Post a Comment