Resensi Buku
Penulis Buku :
Dr. Rita Eka Izzaty, M. Si, Psi.
Judul Buku :
Perilaku Anak Prasekolah
Penerbit :
PT Alex Media Komputindo
Tahun Terbit :
2017
Kota Terbit :
Jakarta
No. ISBN :
978-602-04-2061-5
Jumlah Halaman : 325
halaman
Isi Resensi Buku :
Pada buku membahas
mengenai perilaku anak prasekolah atau perilaku anak pada usia 4-6 tahun.
Lembaga pendidikan prasekolah merupakan suatu lembaga pendidikan untuk membantu
pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada anak usia dini sesuai dengan
tahap usianya. Dalam usia prasekolah ini biasanya anak mengalami masalah dalam
perkembangan yang dilakukannya. Buku ini sangat penting untuk membantu pendidik
daalm menghadapi permasalahn yang terjadi pada taman kanak-kanak yang semakin
banyak terjadi serta beragam permasalahannya. Buku ini merupakan sebuah panduan
dalam mengidentifikasi dan menghadapi masalah perkembangan pada anak usia
prasekolah (TK).
Adapun
pembagian dalam buku ini adalah keseluruhan buku ini dibagi menjadi dua bagian,
bagian yang pertama terdiri dari tiga bab. Tujuan dari bagian pertama adalah
untuk menyajikan penjelasan mengenai konsep-konsep perkembangan pada anak usia
prasekolah yang dilandaskan berdasarkan teori-teori yang memadukan perkembangan
dan pendidikan anak usia dini. Sedangkan bagian yang kedua, memberikan ulasan
tentang berbagai permasalahan yang sering timbul dilingkungan TK berserta
dengan intervensinya dasar yang dapat dilakukan oleh pendidik di TK.
Bab pertama,
membahas mengenai konsep-konsep umum dari perkembangan individu yang meguraikan
dasar-dasar pikiran dari para ahli yang berkenaan dengan perkembangan dan
pendidikan anak usia dini beserta ddengan faktor-faktor yang memepngaruhi
jalannya proses perkembangan. Sedangkan bab kedua, membahas mengenai paparan
perkembangan yang spesifik pada anak usia prasekolah seperti uraian
perkembangan pada aspek-aspek perkembangan fisik motorik, perkembangan
intelektualitas, perkembangan emosi, serta perkembangan sosial dan moral.
Sedangkan pada
bab ketiga membahas mengenai permasalahan perkembangan pada anak yaitu tentang
langkah-langkah deteksi dini. Sedangkan pada bab keempat membahas mengenai,
pengulasan masalah-masalah perkembangan pada anak usia prasekolah secara
spesifik. Seperti permasalahan agresivitas, kecemasan, temper tantrum,
hiperaktivitas, gangguan pemusatan perhatian, gagap, menarik diri, mengompol
dan buang air besar, berbohong, keberbakatan, malnutrisi, menangis yang terus
menerus, bergantung, takut dan pemalu. Tiap permasalahan tersebut akan
diuraikan dalam satu bab tersendiri.
Kelebihan pada buku perilaku anak prasekolah ini, antara lain:
·
Buku
ini dapat dijadikan referensi oleh pendidik atau mahasiswa untuk membantu
memcahkan masalah pada anak usia prasekolah,
·
Buku
ini mudah dibawa kemana-mana,
·
Dalam
penulisan pembahasan di dalam buku ini mudah untuk dipahami,
·
Buku
ini sangat lengkap dalam membahas permasalahan apa saja yang terjadi pada anak
usia prasekolah.
Kelemahan pada buku perilaku anak prasekolah ini, antara lain:
·
Dalam
buku ini tidak adanya gambar yang terlihat didalam sub-sub pembahasan sehingga
kurng menarik untuk dibaca,
·
Dalam
buku ini pembahsannya hanya kurang terperinci pada setiap sub-sub pembahasannya.
No comments:
Post a Comment