Thursday, December 13, 2018

Observasi Kebutuhan Anak Usia Dini

TUGAS OBSERVASI
ANALISIS KEBUTUHAN ANAK


Dosen Pengampu :
Uswatun Hasanah, M.Pd.I.
  


Disusun oleh :
Pratiwi Laili Putri Dewi          1601030023


Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( PIAUD )


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
IAIN METRO
TAHUN AKADEMIK 2017/2018




KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami selaku penulis dapat menyelesaikan Laporan Observasi. Laporan ini disusun sebagai salah satu tugas mata kuliah kami yaitu ANALISIS KEBUTUHAN ANAK . Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Uswatun Hasanah, M.Pd.I. selaku dosen mata kuliah beserta rekan-rekan atas masukan dalam menuyusun laporan Observasi ini.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan Observasi  ini jauh dari kata sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, khususnya dari dosen mata kuliah guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi kami untuk lebih baik  di masa yang akan datang.



                                                                                    Metro, 23 September 2018


Penyusun








BAB I
PROFIL SEKOLAH

    A.    Sejarah Berdirnya Tk Aisyiyah Bustanul Athfal
Berdirinya TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 Banjarrejo 38B berawal dari sebuah ide dan kesepakatan bapak-bapak yang ada di desa Banjarrejo untuk menghadirkan generasi yang Khoiru Ummam, sebagaimana Firman Allah dalam QS.Al.Imron ayat 110. Dan dilandaskan sikap takut jika masa depan generasi muda muslim tidak sejahtera (QS.An-Nisa ayat 9). Serta kewajiban untuk selalu menyuruh kepada kebajikan dan mencegah kemungkaran (QS.Al-Imron ayat 104). Maka bergabung dengan organisasi Muhammadiyah Lampung Tengah disaat itu.
Walau ranting Muhammadiyah bekum berdiri, namun sengat dari beberapa warga Desa Banjarrejo yang mendapat dukungan dari Pimpinan Muhammadiyah Metro dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Tengah, ahkirnya sepakat mendirikan TK ABA 38B.
Dasar mendidik TK ABA 38B ini dilatar belakangi oleh keinginan oleh desa Banjarrejo karena belum adanya sekolah pada tingkat Taman Kanak-Kanak yang dekat dan bernilai islami. Dan selanjutnya Bpk. Hi. Suyoto (alm) mewakafkan tanahnya untuk dijadikan bangunan TK ABA 38B tersebut, dana pembangunan merupakan swadaya dari masyarakat Desa Banjarrejo serta bantuan dari warga dan simpatisan Muhammadiyah Lampung Tengah.
Akhirnya pada tanggal 01 Januari 1991, berdirilah sebuah sekolah untuk usia Taman Kanak-Kanak dengan nama TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Banjarrejo 38B. Dan mulai digunakan pada tanggal 15 juli 1991 dengan Oprasional : 002120402141 dan pada bulan Juli tahun 2004 telah resmi mendapat  Nomor Identitas Sekolah (NIS) : 000010.
Seiring dengan berdirinya TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) ini maka mulai berdiri Ranting Aisyiyah Banjarrejo sebagai organisasi yang menaungi TK Aisyiyah Bustanul Athfal desan Banjarrejo 38B. TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 Banjarrejo 38B ini telah terdaftar pada Aisyiyah bagian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Nomor 037/W16/PPA/D/TK/1992 dan mendapatkan Piagam Pendirian dari Pimpinan Pusat Aisyiyah bagian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta pada tanggal 09 Dzulqaidah 1412H atau 12 Mei 1992M. Aisyiyah adalah bagian dari perserikatan Muhammadiyah yang beperan sebagai Badan Hukum, menurut :
·         Gouvernement Besluit tgl 22-8-1914, tgl 16-8-1920 No. 40 tgl 2-9-1921, No.36, Surat Departemen Kehakiman Tgl. 8-9-1971 No. JA5/160/4.
·         Surat Departemen Dalam Negara tgl. 10-2-1917 No.SK 14/DD/1917 dan surat Dep. P&K tgl. 24-7-1914 No. 23628/MPK/1974.
Pada saat pemekaran daerah Lampung Timur menjadi beberapa wilayah kabupaten baru, maka TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 masuk dalam wilayah Kab. Lampung Timur. TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 menjadi amal usaha dari Pimpinan Ranting Aisyiyah Banjarrejo dibawa bimbingan Pimpinan Cabang Aisyiyah Batanghari dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Lampung Timur. Tahun 2010 Kemendiknas RT, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Timur memberikan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) : 1081761.

   B.     Visi, Misi, dan Tujuan
Visi                   : Mewujudkan generasi penerus bangsa yang pintar, cerdas, beriman,dan berakhlak mulia.
Misi                 :
·         Membangun kreatiifitas dan bakat anak
·         Membangun nilai religius dakam diri anak
·         Membiasakan akhalk mulia
·         Menumbuhkan rasa cinta tanah air

Tujuan :
Membangun peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik fisik maupun psikos yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, secara emosional, kemandirian, kognitif, bahasa fisik, motorik untuk mempersiapkkan diri memasuki jenjang pendidikan dasar.
   C.     LOKASI
TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 Banjarrejo 38B berdiri dilokasi yang strategis jarena berada dipinggir jalan raya, yang memungkinkan mudah untuk dijangkau oleh kendaraan umum.
Dengan alamat RT. 21 RW.006 Dusun Cepaka Desa Banjarrejo 38B Kec.Batanghari Kab.Lampung Timur (34181).
Luas tanah 1500 m2 milik sendiri dengan sertifikat wakaf dari Kantor BPN Kab.Lampung Timur.

   D. SARANA dan PRASARAN
Sarana dan Prasarana yang ada TK Aisyiyah Bustanul Athfal ( ABA) 35 Banjarrejo 38B, meliputi :
·         Ruang kelas                             : 2 lokal
·         Rungan bermain/edukatif       : 1 lokal
·         Kantor                                     : 1 lokal
·         Air MCK                                 : ada
·         Tempat Wudhu/cuci tangan    : ada
·         Area permainan luar kelas       : ayunan, prosotan, tangga majemuk, jungkat-jungkit, ayunan kereta, papan titian, trowongan, dan ban.



E.     DATA GURU TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL ( ABA) 35 BANJARREJO 38B KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

No.
Nama
L/P
TTL
IJAZA TERAKHIR
AGAMA
MASA KERJA
Mengajar

1.
Miyati Ariyani
P
Banjarrejo 13-01-1962
D1 KPG TK
ISLAM
26 Tahun 2 Bulan
B2
2.
Widiyawati
P
Banjarrejo 13-02-1977
MAN
ISLAM
20 Tahun 2 Bulan
B1
3.
Weny Oktavia A.Ma
P
Banjarrejo 31-10-1983
D2 PGTK
ISLAM
16 Tahun 2 Bulan
B1
4.
Lailatul Huda
P
Banjarrejo 31-01-1971
PGAN
ISLAM
11 Tahun 2 Bulan
A





BAB II
PEMBAHASAN

KEBUTUHAN ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) 35 BANJAR REJO 38B KEC. BATANG HARI KAB. ALAMPUNG TIMUR

     A. DATA ANAK DAN ORANG TUA
Setelah saya melakukan observasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 BanjarRejo 38b Kec. BatangHari Kab. Lampung timur, saya mendapatkan data mengenai analisis kebutuhan anak, antara lain:

1.      Data Anak dan Sekolah
Nama Sekolah                   : TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35
Alamat Sekolah                  : Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab.  Lampung Timur
Nama Anak                       : Muhammad Ikhwan Al-Fathi
Tempat, Tgl & Lahir         : Banjarrejo, 26 Desember 2011
Umur Anak                       : 7 Tahun
Agama Anak                     : Islam
Jenis Kelamin                    : Laki-laki
Berat Badan                      : 17 kg
Panjang Badan                  : 103 cm

2.      Data Orang Tua
Ø  Nama Ayah           : Yatimin
Pekerjaan               : Petani
Ø  Nama Ibu              : Marsini
Pekerjaan               : Penjahit

     B.  Gizi Yang Dibutuhkan Pada Anak
Asupan gizi yang dibutuhkan oleh Muhammad Ikhwan Al-fathi sudah sangat terpenuhi dari asupan gisi, stimulus, vitamin, kasih sayang dan dilakukannya imunisasi sejak kecil. Perkembangan Ikhwan sudah berkembang dengan baik dari sesuai umurnya dilihat dari tinggi badannya, tetapi dari segi badannya kurang baik karena sering sakit. Ikhwan anak yang sangat pintar dalam pengetahuannya pada saat ia belajar dirumah maupun disekolahannya, karena orang tua yang selalu memperhatikan asupan makanannya. Orangtuanya selalu memberikan makanan yang diinginkan anaknya, dan selalu memperhatikan pola makan pada anak. Cara pemberiaan stimulus yang dilakukan oleh gurunya disekolah adalah dengan cara melihat anaknya, lalu mengikutinya, setelah itu diajak pelan-pelan dan dibujuk agar anaknya mau mendekat dengan bunda-bundanya. Dan mau menikuti pembelajaran semestinya.
Gizi, stimulus, dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua dan bantuan dari bimbingan oleh gurunya anak dapat berkembang dengan baik sesuai dengan kebutuhan pada usia anak tersebut. Aspek perkembangan tersebut meliputi:
1.      Aspek fisik-motorik
Aspek ini sangat sesuai dengan ikhwan, motorik halus dan motorik kasarnya suadah ia buktikan pada kegiatan bermain, berlari, melompat, menulis sangat lincah.
2.      Aspek Kognitif
Pada aspek ini, Ikhwan merupakan anak yang sangat pintar, ia sangat mudah untuk menangkap pengetahuan yang telah diberikan oleh gurunya sewaktu disekolah dan pengethauan yang diberikan oleh orangtuanya sewaktu dirumah. Ia mampu menerapkan atau melalukan tugas yang telah diberikan oleh gurunya. Jika ia diberi tugas ia yang palingcepat menyelesaikannya dibanding teman-temannya.
3.      Aspek Bahasa
Pada aspek bahasa ini penguasaan bahasa yang sudah dimiliki oleh Ikhwan sangatlah baik, dia telah membuktikannya dengan berkomunikasi dengan teman, guru, orang tuanya, maupun keluarganya. Ketika ia diajak bicara ia langsung dapat meresponsnya.
4.      Aspek Sosial Emosional
Pada aspek ini Ikhwan sudah mampu berinteraksi dengan teman sebayanya dengan sangat baik.
5.      Aspek Moral Agama
Pada aspek ini Ikhwan sudah dapat menghafal doa-doa harian dan surah pendek. Ia juga memiliki jiwa penolong, dirumahnya ia juga rajin untuk menunaikan ibadah sholat lima waktu berjamaah dengan bapak atau ibunya.
6.      Aspek Seni
Pada aspek ini, Ikhwan sudah dapat mewarnai dengan baik dan menggambar dengan bagus. Ketika ia mewarnai dapat memilih warna sesuai dengan gambar aslinya.








      C.  Pemeriksaan Kesehatan Yang Dilakuakn oleh  TK Aisyiyah Bustanul Athfal
                
1.      Pemberian Asupan Pada Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
No.
Yang diberkan Pada Anak
Dilaksanakan/tidak
Keterangan
1.       
Pemeriksaan dari bidan dan pemberian Vitamin
Ya
Dilaksanakan pada 6 bulan sekali
2.       
Suntik Rubela/cacar
Ya
Dilaksanak pada bulan juli, kemaren
3.       
Menimbang
Ya
Dilakukan pada setiap 3 bulan sekali
4.       
Mengukuran tinggi badan
Ya
Dilaksanakan pada 6 bulan seklai
5.       
Pemberian makana/roti dan susu
Ya
Dilaksanakan pada 6 bulan sekali

2.      Kegiatan Yang dilakukan Setiap Hari di sekolahan
Kegiatan yang dilakukan di sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 sama seperti yang dilakukan oleh TK-TK lainnya, yaitu kegiatan yang dilaukan pertama adalah anak-anak disuruh berbaris terlebih dahulu sebelum masuk kelas, lalu disuruh untuk menaruh tas dan sepatunya ditempat yang disediakan oleh pihat sekolah. Setelah itu anak disuruh untuk masuk kelas untuk mengikuti pembelajaran yang sudah disiapkan oleh gurunya, seperti menulis huruf dan menggambar sesuai keinginanya.
Kemudian, setelah pembelajaran selesai anak-anak istirahat terlebih dahulu dengan menyuruh anak bermain di luar ruangan sesuai dengan keinginan mereka sampai bel berbunyi. Kemudian anak disuruh masuk kekelas dan disuruh untuk membawa bekel makanan yang dibawanya dari rumah, sebelum makan guru mengintruksikan kepada anak-anak untuk mencuci tangannya sebelum makan dan membaca doa makan terlebih dahulu, setelah itu anak-anak makan bersama teman-temannya dan gurunya. Disini guru mengajarkan anak-anak untuk berbagi makanan dengan teman-temannya dan gurunya. Setelah selesai makan anak-anak disuruh untuk berdoa setelah makan, membereskan makanan yang berceceran dan mencuci tangannya setelah makan. Kemudian guru menyuruh anak untuk bermain dan belajar di dalam kelas hingga jam pulang berbunyi. Pebelajaran dilakukan hingga jam setengah 12.
Semua kegiatan yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustnul Athfal (ABA) 35 ini selalu memperhatikan kebersihan dan asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan anak didiknya. Karena, setiap bulannya suah terdapat jadwal untuk posyandu dan pemberian makanan tambahan serta vitamin untuk anak didiknya.



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
        Dapat disimpulkan bahwa kebutuhan anak usia dini merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh anak usia dini untuk memenuhi perkembangan dan pertumbuhan pada anak, dalam kebutuhan anak usia dini meliputi giizi, stimulus serta kasih sayang yang diberikan oleh orangtua maupun oleh pendidik. Jika asupan tersebut kurang maka perkembangan dan pertumbuhan pada anak usia dini tidak akan berkembang sesuai dengan tahapannya. Asupan gizi, stimulus serta kasih sayang yang seimbang dapat mengembangkan 6 aspek yang dibutuhkan oleh anak seperti, aspek moral agama, aspek sosial emosional, aspek fisik motorik, aspek seni, aspek bahasa, dan aspek kognitif. Pada anak yang sudah saya observasi kebutuhan yang diberikan oleh orangtuanya dan gurunya dari segi asupan gizi, stimulus, serta kasih sayang yang diberikan sudah sangat lah baik.

No comments:

Post a Comment