TUGAS
OBSERVASI
ANALISIS
KEBUTUHAN ANAK
Dosen
Pengampu :
Uswatun Hasanah, M.Pd.I.
Disusun oleh :
Pratiwi Laili Putri Dewi 1601030023
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Pendidikan
Islam Anak Usia Dini ( PIAUD )
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
IAIN METRO
TAHUN AKADEMIK 2017/2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat
dan hidayahnya sehingga kami selaku penulis dapat menyelesaikan Laporan Observasi. Laporan ini disusun sebagai salah satu tugas mata kuliah kami yaitu
ANALISIS KEBUTUHAN ANAK . Dalam
kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Uswatun Hasanah, M.Pd.I. selaku dosen mata kuliah beserta rekan-rekan atas masukan dalam
menuyusun laporan Observasi ini.
Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan Observasi ini jauh
dari kata sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya.
Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun,
khususnya dari dosen mata kuliah guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi
kami untuk lebih baik di masa yang akan datang.
Metro,
23 September 2018
Penyusun
BAB
I
PROFIL
SEKOLAH
A. Sejarah Berdirnya Tk Aisyiyah Bustanul Athfal
Berdirinya TK
Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 Banjarrejo 38B berawal dari sebuah ide dan
kesepakatan bapak-bapak yang ada di desa Banjarrejo untuk menghadirkan generasi
yang Khoiru Ummam, sebagaimana Firman Allah dalam QS.Al.Imron ayat 110. Dan
dilandaskan sikap takut jika masa depan generasi muda muslim tidak sejahtera (QS.An-Nisa
ayat 9). Serta kewajiban untuk selalu menyuruh kepada kebajikan dan mencegah
kemungkaran (QS.Al-Imron ayat 104). Maka bergabung dengan organisasi
Muhammadiyah Lampung Tengah disaat itu.
Walau ranting Muhammadiyah bekum berdiri, namun sengat
dari beberapa warga Desa Banjarrejo yang mendapat dukungan dari Pimpinan
Muhammadiyah Metro dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Tengah, ahkirnya
sepakat mendirikan TK ABA 38B.
Dasar mendidik TK
ABA 38B ini dilatar belakangi oleh keinginan oleh desa Banjarrejo karena belum
adanya sekolah pada tingkat Taman Kanak-Kanak yang dekat dan bernilai islami.
Dan selanjutnya Bpk. Hi. Suyoto (alm) mewakafkan tanahnya untuk dijadikan
bangunan TK ABA 38B tersebut, dana pembangunan merupakan swadaya dari
masyarakat Desa Banjarrejo serta bantuan dari warga dan simpatisan Muhammadiyah
Lampung Tengah.
Akhirnya pada
tanggal 01 Januari 1991, berdirilah sebuah sekolah untuk usia Taman Kanak-Kanak
dengan nama TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Banjarrejo 38B. Dan mulai
digunakan pada tanggal 15 juli 1991 dengan Oprasional : 002120402141 dan pada
bulan Juli tahun 2004 telah resmi mendapat
Nomor Identitas Sekolah (NIS) : 000010.
Seiring dengan
berdirinya TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) ini maka mulai berdiri Ranting
Aisyiyah Banjarrejo sebagai organisasi yang menaungi TK Aisyiyah Bustanul
Athfal desan Banjarrejo 38B. TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 Banjarrejo
38B ini telah terdaftar pada Aisyiyah bagian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat
Nomor 037/W16/PPA/D/TK/1992 dan mendapatkan Piagam Pendirian dari Pimpinan
Pusat Aisyiyah bagian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta pada tanggal 09
Dzulqaidah 1412H atau 12 Mei 1992M. Aisyiyah adalah bagian dari perserikatan
Muhammadiyah yang beperan sebagai Badan Hukum, menurut :
·
Gouvernement Besluit tgl 22-8-1914, tgl 16-8-1920 No. 40
tgl 2-9-1921, No.36, Surat Departemen Kehakiman Tgl. 8-9-1971 No. JA5/160/4.
·
Surat Departemen Dalam Negara tgl. 10-2-1917 No.SK
14/DD/1917 dan surat Dep. P&K tgl. 24-7-1914 No. 23628/MPK/1974.
Pada saat pemekaran daerah Lampung Timur menjadi beberapa
wilayah kabupaten baru, maka TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 masuk dalam
wilayah Kab. Lampung Timur. TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 menjadi amal
usaha dari Pimpinan Ranting Aisyiyah Banjarrejo dibawa bimbingan Pimpinan
Cabang Aisyiyah Batanghari dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Lampung Timur. Tahun
2010 Kemendiknas RT, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung
Timur memberikan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) : 1081761.
B. Visi, Misi, dan Tujuan
Visi :
Mewujudkan generasi penerus bangsa yang pintar, cerdas, beriman,dan berakhlak
mulia.
Misi :
·
Membangun kreatiifitas dan bakat anak
·
Membangun nilai religius dakam diri anak
·
Membiasakan akhalk mulia
·
Menumbuhkan rasa cinta tanah air
Tujuan :
Membangun
peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik fisik maupun psikos yang
meliputi nilai-nilai agama dan moral, secara emosional, kemandirian, kognitif,
bahasa fisik, motorik untuk mempersiapkkan diri memasuki jenjang pendidikan
dasar.
C. LOKASI
TK Aisyiyah
Bustanul Athfal (ABA) 35 Banjarrejo 38B berdiri dilokasi yang strategis jarena
berada dipinggir jalan raya, yang memungkinkan mudah untuk dijangkau oleh
kendaraan umum.
Dengan alamat RT. 21 RW.006 Dusun Cepaka Desa Banjarrejo
38B Kec.Batanghari Kab.Lampung Timur (34181).
Luas tanah 1500 m2 milik sendiri dengan sertifikat wakaf
dari Kantor BPN Kab.Lampung Timur.
D. SARANA dan PRASARAN
Sarana dan
Prasarana yang ada TK Aisyiyah Bustanul Athfal ( ABA) 35 Banjarrejo 38B,
meliputi :
·
Ruang kelas :
2 lokal
·
Rungan bermain/edukatif :
1 lokal
·
Kantor :
1 lokal
·
Air MCK :
ada
·
Tempat Wudhu/cuci tangan :
ada
·
Area permainan luar kelas :
ayunan, prosotan, tangga majemuk, jungkat-jungkit, ayunan kereta, papan titian,
trowongan, dan ban.
E. DATA GURU TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL ( ABA) 35 BANJARREJO
38B KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
No.
|
Nama
|
L/P
|
TTL
|
IJAZA TERAKHIR
|
AGAMA
|
MASA KERJA
|
Mengajar
|
|
1.
|
Miyati Ariyani
|
P
|
Banjarrejo 13-01-1962
|
D1 KPG TK
|
ISLAM
|
26 Tahun 2 Bulan
|
B2
|
|
2.
|
Widiyawati
|
P
|
Banjarrejo 13-02-1977
|
MAN
|
ISLAM
|
20 Tahun 2 Bulan
|
B1
|
|
3.
|
Weny Oktavia A.Ma
|
P
|
Banjarrejo 31-10-1983
|
D2 PGTK
|
ISLAM
|
16 Tahun 2 Bulan
|
B1
|
|
4.
|
Lailatul Huda
|
P
|
Banjarrejo 31-01-1971
|
PGAN
|
ISLAM
|
11 Tahun 2 Bulan
|
A
|
BAB
II
PEMBAHASAN
KEBUTUHAN
ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) 35 BANJAR REJO 38B KEC.
BATANG HARI KAB. ALAMPUNG TIMUR
A. DATA ANAK DAN ORANG TUA
Setelah saya melakukan observasi di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal (ABA) 35 BanjarRejo 38b Kec. BatangHari Kab. Lampung timur, saya
mendapatkan data mengenai analisis kebutuhan anak, antara lain:
1. Data Anak dan Sekolah
Nama Sekolah : TK Aisyiyah Bustanul Athfal
(ABA) 35
Alamat Sekolah :
Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab.
Lampung Timur
Nama Anak : Muhammad Ikhwan
Al-Fathi
Tempat, Tgl &
Lahir : Banjarrejo, 26 Desember
2011
Umur Anak : 7 Tahun
Agama Anak : Islam
Jenis Kelamin : Laki-laki
Berat Badan : 17 kg
Panjang Badan : 103 cm
2. Data Orang Tua
Ø
Nama Ayah :
Yatimin
Pekerjaan : Petani
Ø
Nama Ibu :
Marsini
Pekerjaan : Penjahit
B. Gizi Yang Dibutuhkan Pada Anak
Asupan gizi yang
dibutuhkan oleh Muhammad Ikhwan Al-fathi sudah sangat terpenuhi dari asupan
gisi, stimulus, vitamin, kasih sayang dan dilakukannya imunisasi sejak kecil.
Perkembangan Ikhwan sudah berkembang dengan baik dari sesuai umurnya dilihat
dari tinggi badannya, tetapi dari segi badannya kurang baik karena sering
sakit. Ikhwan anak yang sangat pintar dalam pengetahuannya pada saat ia belajar
dirumah maupun disekolahannya, karena orang tua yang selalu memperhatikan
asupan makanannya. Orangtuanya selalu memberikan makanan yang diinginkan
anaknya, dan selalu memperhatikan pola makan pada anak. Cara pemberiaan
stimulus yang dilakukan oleh gurunya disekolah adalah dengan cara melihat
anaknya, lalu mengikutinya, setelah itu diajak pelan-pelan dan dibujuk agar
anaknya mau mendekat dengan bunda-bundanya. Dan mau menikuti pembelajaran
semestinya.
Gizi, stimulus, dan
kasih sayang yang diberikan oleh orang tua dan bantuan dari bimbingan oleh
gurunya anak dapat berkembang dengan baik sesuai dengan kebutuhan pada usia
anak tersebut. Aspek perkembangan tersebut meliputi:
1.
Aspek fisik-motorik
Aspek ini sangat
sesuai dengan ikhwan, motorik halus dan motorik kasarnya suadah ia buktikan
pada kegiatan bermain, berlari, melompat, menulis sangat lincah.
2.
Aspek Kognitif
Pada aspek ini,
Ikhwan merupakan anak yang sangat pintar, ia sangat mudah untuk menangkap
pengetahuan yang telah diberikan oleh gurunya sewaktu disekolah dan pengethauan
yang diberikan oleh orangtuanya sewaktu dirumah. Ia mampu menerapkan atau
melalukan tugas yang telah diberikan oleh gurunya. Jika ia diberi tugas ia yang
palingcepat menyelesaikannya dibanding teman-temannya.
3.
Aspek Bahasa
Pada aspek bahasa
ini penguasaan bahasa yang sudah dimiliki oleh Ikhwan sangatlah baik, dia telah
membuktikannya dengan berkomunikasi dengan teman, guru, orang tuanya, maupun
keluarganya. Ketika ia diajak bicara ia langsung dapat meresponsnya.
4.
Aspek Sosial Emosional
Pada aspek ini
Ikhwan sudah mampu berinteraksi dengan teman sebayanya dengan sangat baik.
5.
Aspek Moral Agama
Pada aspek ini
Ikhwan sudah dapat menghafal doa-doa harian dan surah pendek. Ia juga memiliki
jiwa penolong, dirumahnya ia juga rajin untuk menunaikan ibadah sholat lima
waktu berjamaah dengan bapak atau ibunya.
6.
Aspek Seni
Pada aspek ini,
Ikhwan sudah dapat mewarnai dengan baik dan menggambar dengan bagus. Ketika ia
mewarnai dapat memilih warna sesuai dengan gambar aslinya.
C. Pemeriksaan Kesehatan Yang
Dilakuakn oleh TK Aisyiyah Bustanul
Athfal
1. Pemberian Asupan Pada Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
No.
|
Yang diberkan Pada Anak
|
Dilaksanakan/tidak
|
Keterangan
|
1.
|
Pemeriksaan dari bidan dan pemberian Vitamin
|
Ya
|
Dilaksanakan pada 6 bulan sekali
|
2.
|
Suntik Rubela/cacar
|
Ya
|
Dilaksanak pada bulan juli, kemaren
|
3.
|
Menimbang
|
Ya
|
Dilakukan pada setiap 3 bulan sekali
|
4.
|
Mengukuran tinggi badan
|
Ya
|
Dilaksanakan pada 6 bulan seklai
|
5.
|
Pemberian makana/roti dan susu
|
Ya
|
Dilaksanakan pada 6 bulan sekali
|
2. Kegiatan Yang dilakukan Setiap Hari di sekolahan
Kegiatan yang
dilakukan di sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 35 sama seperti yang
dilakukan oleh TK-TK lainnya, yaitu kegiatan yang dilaukan pertama adalah anak-anak
disuruh berbaris terlebih dahulu sebelum masuk kelas, lalu disuruh untuk
menaruh tas dan sepatunya ditempat yang disediakan oleh pihat sekolah. Setelah
itu anak disuruh untuk masuk kelas untuk mengikuti pembelajaran yang sudah
disiapkan oleh gurunya, seperti menulis huruf dan menggambar sesuai
keinginanya.
Kemudian, setelah
pembelajaran selesai anak-anak istirahat terlebih dahulu dengan menyuruh anak
bermain di luar ruangan sesuai dengan keinginan mereka sampai bel berbunyi.
Kemudian anak disuruh masuk kekelas dan disuruh untuk membawa bekel makanan
yang dibawanya dari rumah, sebelum makan guru mengintruksikan kepada anak-anak
untuk mencuci tangannya sebelum makan dan membaca doa makan terlebih dahulu,
setelah itu anak-anak makan bersama teman-temannya dan gurunya. Disini guru
mengajarkan anak-anak untuk berbagi makanan dengan teman-temannya dan gurunya.
Setelah selesai makan anak-anak disuruh untuk berdoa setelah makan, membereskan
makanan yang berceceran dan mencuci tangannya setelah makan. Kemudian guru
menyuruh anak untuk bermain dan belajar di dalam kelas hingga jam pulang
berbunyi. Pebelajaran dilakukan hingga jam setengah 12.
Semua kegiatan yang
dilakukan di TK Aisyiyah Bustnul Athfal (ABA) 35 ini selalu memperhatikan
kebersihan dan asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan anak didiknya.
Karena, setiap bulannya suah terdapat jadwal untuk posyandu dan pemberian
makanan tambahan serta vitamin untuk anak didiknya.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa kebutuhan anak usia dini
merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh anak usia dini untuk memenuhi
perkembangan dan pertumbuhan pada anak, dalam kebutuhan anak usia dini meliputi
giizi, stimulus serta kasih sayang yang diberikan oleh orangtua maupun oleh
pendidik. Jika asupan tersebut kurang maka perkembangan dan pertumbuhan pada
anak usia dini tidak akan berkembang sesuai dengan tahapannya. Asupan gizi,
stimulus serta kasih sayang yang seimbang dapat mengembangkan 6 aspek yang
dibutuhkan oleh anak seperti, aspek moral agama, aspek sosial emosional, aspek
fisik motorik, aspek seni, aspek bahasa, dan aspek kognitif. Pada anak yang
sudah saya observasi kebutuhan yang diberikan oleh orangtuanya dan gurunya dari
segi asupan gizi, stimulus, serta kasih sayang yang diberikan sudah sangat lah
baik.
No comments:
Post a Comment